WELCOME TO MY SITE


Pages

Kamis, 18 Juli 2013

Antenna Parabola


Definisi

Sebuah antena berdaya jangkau tinggi yang digunakan untuk komunikasi radio, televisi dan data dan juga untuk radiolocation (RADAR), bekerja pada frekuensi UHF dan SHF. Serta memiliki sifat paraboloid, sifat paraboloid ini sama seperti sifat atau karakteristik dari cermin cekung dimana:
 "Sinar datang sejajar dengan sumbu utama akan dipantulkan melalui                titik fokus"



Prinsip kerja dari Antenna Parabola

Bentuk antena yang seperti piring memantulkan sinyal ke titik fokus piringan tersebut.Di titik fokus tersebut ditempatkan sebuah alat yang disebut feedhorn. LNB berfungsi menggeser rentang dari C-band atau Ku-band menjadi L-band.


Jenis-jenis antenna parabola menurut letak dari Feed Horn nya

Letak Feed Horn pada suatu antenna parabola sangat mempengaruhi pada proses pointingnya dimana ada beberapa perbedaan pada saat melakukan pointing . Contoh nya pada saat melakukan pointing pada antenna yang feed hornnya di tengah(Center Feed) berbeda pada saat melakukan pointing pada antenna yang feed hornnya tidak di tengah. Berikut ini jenis antenna parabola menurut letak feed hornnya.

      

a.     Focal Point Feed ( Prime Focus )
Pada type ini sinyal yang diterima dari satelit dipantulkan oleh reflektor  paraboloid dan langsung diterima oleh feed horn yang diletakkan tepat pada titik fokus. Sebaliknya sinyal yang dipancarkan dari feed horn langsung dipantulkan oleh reflektor menuju satelit .

       

b.     Cassegrain
Pada antena cassegrain memiliki dua reflektor yang berbentuk paraboloid dan     sebuah sub reflektor yang berbentuk hiperboloid. Sinyal yang diterima dari satelit dipancarkan oleh reflektor utama (main reflektor ) menuju feed horn.      
c.     Gregorian
Pada prinsipnya jenis antena ini memiliki konstruksi yang sama dengan jenis cassegrain, namun pada antena Gregorian sub reflektor nya berbentuk ellipsoidal yang terletak disebelah titik fokus.      
d.     Antenna Offset
Pada dasarnya jenis antena ini memiliki konstruksi yang sama dengan jenis Prime Focus hanya ada prbedaan di letak feed Horn nya. antena Offset terbagi menjadi 2 yaitu:·         Antenna Offset Cassegrain
·         Antenna Offset Prime Focus

 Jenis Antena Parabola berdasarkan fungsinya
       Disc with MotorPada antenna ini biasanya dipasang sebuah motor penggerak yang sudah di atur sedemikian rupa sehingga dengan motor ini parabola akan diarahkan (pointing) secara otomatis sesuai dengan channel TV yang kita inginkan
       Multi Satelite
Pada antenna jenis ini beberapa Feed Horn(lebih dari 1) dipasang pada satu Dish dari parabola atau piringan parabola. Sehingga parabola bisa menangkap beberapa sinyal satelit secara bersamaan.
       VSAT (Very Small Aperture Terminal)
VSAT adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.

0 komentar:

Posting Komentar